KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga proposal yang kami buat dapat tersusun. Proposal ini merupakan proposal bisnis planing yang kami buat untuk bisnis kami mendatang. Proposal yang kami buat adalah bisis planing jajanan nusantara yaitu “ TANSUKE SUKE KITE “ Yang diartikan menjadi “KETAN SUSU KEJU”. Konsep kami yaitu mengangkat dari konsep makanan traditional yang dikemas secara modern. Harapan kami setelah membaca makalah ini, banyak yang mengetahui makanan tradisional sangat mudah dibuat dan dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.
LATAR BELAKANG
Di zaman sekarang makanan tradisional mulai ditinggalkan karena semakin banyak makanan siap saji. Dari ketertarikan kami pada makanan tradisional terutama jajanan pasar, dan saat pertama kali kami memulai memasarkan jajanan pasar salah satu kelompok kami pernah bersama teman-teman satu komunitasnya di kampus menjual makanan, kami merasa sangat tertarik untuk membuat olahan rumahan yang kemungkinan akan mulai kami kembangkan menjadi bisnis kedepan kami. Kami ingin menciptakan “ KETAN SUSU “ karena kami ingin menciptakan rasa makanan yang biasa menjadi lebih bervariasi Oleh karena itu kami ingin mencoba memulainya dengan memasarkan makanan tradisional yaitu ”ketan susu” tersebut. Kami memilih untuk memasarkan dan mengembangkan ketan susu beraneka toping karena rasanya yang beraneka dan banyak disukai oeh segala usia dan harganya pun relatif murah. Oleh sebab itu kami yakin “ketan susu” banyak diminati oleh masyarakat luas khususnya warga kampus Universitas Budi Luhur.
A. Visi. Usaha Menawarkan secara langsung kepada konsumen Menjual produk dengan kualitas baik Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen agar konsumen tidak kecewa Menjual produk dengan harga terjangkau kami ingin melestarikan makanan daerah seperti ketan susu dan ingin memperkenal kan kepada anak-anak agar mereka tahu makan ini adalah makanan asli indonesia. Serta ingin ikut bersaing dalam dunia bisnis yang selama ini lebih di dominasi oleh produk – produk asing, kami ingin ikut bersaing dalam dunia dagang dan ingin menunjukan bahwa Indonesia juga memiliki potensi yang baik dalam bidang kuliner
B. Misi. Menjadikan produk tradisional atau yang dikenal dengan jajanan pasar khususnya “ketan susu ” dikenal masyarakat dan menjadi produk unggulan. Sehingga dapat melestarikan makanan tradisional di jaman modern ini Serta menciptakan peluang usaha baru dengan konsep tradisional yang dikemas secara modern yaitu “ketan susu/ tansu “. Dan kaami ingin membuat kuliner lama yang hampir punah seiring perkembangan zaman yang mungkin tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang yang ingin berwirausaha. dalam hal kuliner daerah semacam ketan susu ini yang akan kami sulap menjadi makanan modern yaitu ketan susu dengan toping yang bervariasi macam rasa.
C. Analisa. Peluang Usaha Banyak orang berfikir memasarkan makanan tradisional tidak mudah, akan tetapi kami yakin “KETAN SUSU” laku dipasaran karena ”KETAN SUSU” memiliki peluang usaha yang cukup besar dan nilai jual tinggi. Sebab, bahan-bahan yang digunakan memiliki kualitas baik dan tidak menggunakan pewarna makanan dan pengawet makanan sehingga tidak berbahaya bagi tubuh manusia. KETAN SUSU juga dibuat dengan bahan yang mengandung nilai gizi yang tinggi. Oleh karena itu kami yakin “KETAN SUSU” yang kami tawarkan mampu bersaing dengan produk lain serta dapat meningkatkan minat masyarakat yang selama ini lebih condong menikmati makanan dari luar Indonesia yang sudah lama singgah di Indonesia.
D. Marketing. Untuk memperkenalkan produk yang kami pasarkan kepada masyarakat,strategi yang kami akan lakukan yaitu: Memasarkan produk di tempat ( stand ) yang banyak di kunjungi oleh masyarakat seperti pasar. Menawarkan secara langsung kepada para pengunjung pasar. Mempromosikan produk dengan membawa contohnya memberikan discount apabila membeli dalam pertai besar menerima pesanan dalam partai besar maupun kecil. Menyebarkan informasi kepada teman – teman agar marketing berjalan dengan baik.
E. Segmen Pasar. Mulai memasarkan kuliner ketan susu ini dengan cara melakukan promosi atau bisa dengan menginformasikan dari konsumen satu ke konsumen yang lain, dan bisa memasarkan ketan susu tersebut melalui media sosial. Target Pasaran bisnis ketan susu ini kami akan target kan untuk pemasaran nya di semua kalangan masyarakat dari kalangan atas sampai kalangan bawah dan juga untuk semua kalangan umur dari anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Karena kami menciptakan suatu makanan yang terbilang bisa di terima di lidah siapapun.
F. Strategi Pemasaran Positioning.
Produk : ketan susu ini kami sajikan dengan menggunakan tempat kecil yang berbentuk persegi panjaang dalam ukuran mini yang terbuat dari plastik. Porsi ketan yang relatif sedang, tidak terlalu banyak atau sedikit dan dibagian atas ketan tersebut di siram atau di taburi dengan keju dan susu atau bisa juga coklat.
Harga : untuk awal mungkin kami akan melakukan harga promosi sebesar 7.000, tetapi selanjutnya harga ketan susu tersebut di kenakan harga Rp 10.000.
.
G. Strategi Pemasaran Promotion. Tahap awal kamo akan membawa tester yang tidak banyak yang bertujuan untuk mengetahui penilaian dari pelanggan, tahap selanjutnya kami akan mempromosikan ketan susu ini melalui media sosial atau internet.
SWOT
Strenght :
• Harga menyesuaikan ke bergabagai kalangan
• Kualitas nasional rasa internasional
• Makanan tradisional yang di ubah menjadi lebih modern tanpa meninggalkan konsep makanan tradisoonal tersebut
• Tanpa bahan pengawet
Weakness :
• Tiidak menjamin tahan lama
• Sulit untuk jual online ke luar daerah
• Penjualnya sudah banyak
Oppoturnities :
• Bahan mudah di temukan
• Makanan yang bersifat “Nagih”
• Tidak memudarkan makanan tradisional yang semakin terkikis zaman
• Membuat pembeli bernostagia ketika memakannya
Threat :
• Persaingan yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis
• Selera masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak melakukan inovasi-inovasi baru
Komentar
Posting Komentar